Inilah tanda manusia tak tahu diri. Waktu di Ciawi, meronta-ronta minta pulang. Sudah di Surabaya, malah kangen berat pada Ciawi. Sebagai pengobat rasa rindu, mulai hari ini saya akan mem-posting kisah-kisah di Ciawi. Mulai dari yang seram, yang menyenangkan, yang lucu, yang seru, sampai yang sedih. Tulisan bertema Ciawi ini tidak dibuat berdasarkan kronologis peristiwa, ya seingatnya saja.

Sebagai pembuka, aku pengen cerita tentang kisah seramku di Ciawi. Memang kampusku ini dikenal sebagai tempat yang agak-agak menyeramkan. Dari awal kami sudah diingatkan agar menjaga sikap selama di kampus. Jangan sampai pikiran kosong, bisa kesambet katanya.

Nah, akhirnya tiba giliranku merasakan seramnya kampus. Kejadiannya pada hari-hari awal masa training. Malam itu aku ketiduran karena capek banget. Sekitar jam 2 dinihari, aku bangun. Sadar kalau belum sikat gigi, aku beranjak ke kamar mandi. Suasana kamar saat itu sepi, anak-anak sudah pada tidur. Semua pintu dan jendela terkunci, tirai juga ditutup. Kondisi dalam kamar tidak mungkin diketahui orang di luar.

Waktu aku berjalan ke kamar mandi, dari pintu depan aku mendengar suara cowok memanggil-manggil,”Ria… Ria….”

Menyeramkan. Kalaupun ada teman cowok yang kebetulan lewat, mana mungkin dia tahu kalau aku sedang terbangun. Aku juga nggak kenal itu suara siapa. Tapi karena aku ngantuk, jadi dengan santai aku tetap sikat gigi, pipis, dan kembali tidur. Pas balik ke tempat tidur sebenarnya aku juga mendengar suara cowok berbincang-bincang dari pintu belakang.

Aduh, sekarang bulu kudukku jadi merinding mengingatnya.

Besoknya, aku baru sadar kalau pengalaman semalam sebenarnya seram sekali. Untung aku nggak dengan polos menyahut,”Iya ini Ria, itu siapa?”. Teman-temanku juga pada bergidik mendengarnya. Segera gosip menyebar di kelas: “Tadi malam Ria diajak kenalan sama hantu!”. Positifnya sih, sejak malam itu aku jadi lebih rajin berdoa-doa supaya nggak kejadian lagi.

Nah, ternyata bukan aku satu-satunya yang mengalami kejadian semacam itu. Pagi harinya, seorang temanku bernama Idris sedang asik mandi di salah satu shower yang tersedia di kamar mandi dalam kamarnya. Kamar mandi memang memiliki dua shower dengan tirai sehingga bisa dipakai dua orang pada saat bersamaan.

Waktu Idris dalam posisi menghadap tirai, dia melihat sekelebat bayangan hitam melintas. Padahal, pintu kamar mandi itu biasanya berbunyi keras jika dibuka. Idris mengira, mungkin ada teman sekamarnya yang masuk, tapi dia tidak mendengar bunyi pintu karena bunyi air shower yang deras. Dan percaya nggak percaya, pada saat keluar dari kamar mandi, dia melihat semua penghuni kamarnya masih ngorok dengan pulasnya. Kamar si Idris dkk ini memang terkenal seram. Beberapa malam setelahnya teman yang lain juga mengalami pengalaman misterius di kamar itu. Dia langsung menyanyikan lagu-lagu rohani.

Temanku yang lain juga pernah melihat bayangan hitam pada saat belajar di lobi dormitory tetangga. Ia langsung merapal doa Bapa Kami.

 Ya sudah, segini aja deh cerita seramnya…. jadi merinding sendiri…. sekarang kita akan beralih ke cerita lain….