Beramal, sudah pasti merupakan suatu perbuatan yang mulia. Semua ajaran agama mengajarkan bahwa cinta kasih harus diwujudkan, salah satunya melalui perbuatan amal. Ada banyak cara untuk beramal. Mulai dari mengadakan bakti sosial, menyumbang ke panti asuhan/panti jompo, memberi sesuatu untuk pengemis, dan lain sebagainya.

Nah, bagi anda yang suka membaca blog ini, ada cara terbaru untuk beramal. Dijamin tepat sasaran dan mendapat pahala… Objek dari perbuatan amal anda adalah seorang mahasiswi tingkat akhir yang sedang membutuhkan data, dukungan, dan pencerahan tentang skripsinya. Jadi, bila anda memutuskan untuk beramal di blog ini, anda akan berperan serta dalam melahirkan seorang sarjana lagi untuk Indonesia.

So, tunggu apa lagi? Ikuti langkah-langkah di bawah ini…

1. Jika anda secara kebetulan sedang berselancar di dunia maya dan menemukan bahan APAPUN tentang nasionalisme, kebangsaan, neokolonialisme, atau yang menyangkut nama tokoh-tokoh seperti Benedict Anderson, Ernest Renan, Ernest Geller, Eric J. Hobsbawm, atau tokoh-tokoh lain yang tenar dengan teori nasionalisme, silakan meng-copy alamat site tersebut, lalu paste di box comment untuk posting ini. Beri keterangan seperlunya agar tidak disalahartikan menjadi spam oleh wordpress.

2. Jika anda kebetulan memiliki buku tentang nasionalisme, kebangsaan, neokolonialisme terutama :

a. Imagined Communities, oleh Benedict Anderson

b. Borderless State, oleh Francis Fukuyama 

Segera ketik identitas anda dan di alamat email mana anda bisa dihubungi, di box comment di posting ini (alamat e-mail anda tidak akan terpublikasikan bila diketikkan di box e-mail, bukan di box comment). Anda juga bisa memberi rekomendasi di mana bisa mendapatkan buku-buku tersebut di kota Surabaya.

3. Jika anda kebetulan seorang yang ahli mengenai masalah nasionalisme, anda bisa beramal dengan menyediakan waktu dan kesempatan untuk berdiskusi mengenai masalah ini.  

4. Boleh juga anda mengetikkan kata-kata apapun, quote, motivation, doa, atau tips sukses skripsi di box comment di bawah posting ini… intinya apapun yang bisa memotivasi seseorang dalam mengerjakan skripsi.

5. Anda juga bisa berdoa dengan permohonan agar skripsi ini berjalan lancar; bisa selesai pada akhir bulan Agustus dan sidang bulan September; pembimbing, penguji, dan terutama pembuat skripsinya diberi kesehatan dan ketabahan…. atau doa apapun yang bisa membantu dalam pengerjaan skripsi ini.

Pahala yang akan anda dapat dari perbuatan amal ini adalah (walau saya tahu anda orang dermawan yang tidak mengharap balasan):

1. Ucapan terima kasih yang tulus dari lubuk hati yang terdalam.

2. Nama anda dipastikan ada di daftar ucapan terima kasih dalam skripsi tersebut (jadi sebisa mungkin gunakan nama asli)

3. Doa yang tulus agar kebaikan Sdr/i dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa….

Jadi, selamat beramal🙂