n7w_lisbon070707.jpgThe new seven wonders of the world has been announced…. 

1. The Great Wall of China , which represents perseverance and persistence (ya iyalah, kalau nggak persistent mana jadi tuh tembok, bisa dilihat dari bulan lagi)

2. Petra, Jordan : the symbol of engineering and protection -> sama dong sama kampusku, UK Petra, yang tersohor jurusan civil engineering-nya….

3. Christ Redeemer – Brazil :  for its welcoming and openness… emang asik nih patung, nggak biasanya menampilkan Tuhan Yesus dalam posisi membuka tangan lebar-lebar, tanpa tersalib….

4. Machu Picchu – Peru : symbol of community and dedication… ceritanya kota hilang yang ditemukan kembali gitu… coba kalau bisa nemu Atlantis the lost world, pasti kalah vote nih kota…

5. Chichén Itzá – Mexico : represents worship and knowledge… grrr… kenapa nggak Borobudur aja sih? *jiwa nasionalisme sedikit muncul*

6. The Roman Colosseum – Rome : symbol of joy and sufferring…. ckckck…. bayangin deh pembantaian biadab yang terjadi di sini, bukannya bikin orang trenyuh malah pada gembira, sadis ya?

7. Taj Mahal, India : symbol of love and passion -> nggak salah ya? bukannya Shah Jehan membangun itu demi mendapat pujian dan ketenaran, bukan karena dia segitu cintanya sama sang istri?? kalo ya, emang PR-nya Taj Mahal pinter deh… bisa membangun citra bahwa nih istana dibangun for the sake of love and passion…

Apapun itu, yeah, itu kan hasil vote selama setahunan di sebuah site, dengan publikasi yang super heboh dan antusiasme penuh semangat dari jutaan umat manusia pembela situs-situs tersebut. Sayang banget emang Borobudur bahkan tidak masuk babak final. Entah karena memang Borobudur kurang dilestarikan (dulu sempat rusak kan?) atau karena orang Indonesia kurang gencar mempromosikan…

However, I have my own version of 7 wonders of the world… boleh dong? Herodotus dan Callimachus aja berani bikin 7 wonders of the world versi mereka, dan diterima dunia sebagai ancient seven wonders of the world….

Yang patut dicatat, 7 wonders versiku ini merely based on my preference, suka-suka gue gitu…. dan 7 wonders-ku adalah tempat-tempat yang paling pengen aku kunjungi di muka bumi ini.

0304601051501_borobudur-perfect-buddha.jpgSo let me start from my own country…. apalagi kalau bukan Borobudur….

Hebat banget kan nenek moyang bangsa Indonesia, bisa bangun candi sekokoh Borobudur di jaman di mana arsitek dan insinyur belum ada sekolahnya. Lagian Borobudur ini magis loh. Katanya kalau kita bisa menyentuh patung Buddha di dalam stupa, kita bisa beruntung seumur-umur. Alasan lain, karena Borobudur bisa mengingatkan bangsa Indonesia akan sejarahnya, bahwa dulunya agama Buddha cukup kuat dan banyak dianut raja-raja pada masa kerajaan.

great-wall.jpgYang kedua, aku setuju sama new 7 wonders…. Great Wall of China dong! Emang lumayan menyedihkan sih proses pembangunan tembok ini, banyak rakyat jelata yang menjadi tumbal. Tapi niat banget nggak sih bikinnya, sampai-sampai bisa dilihat dari bulan? Kalau saja dalam prosesnya rakyat nggak dipaksa kerja rodi, melainkan dipersilakan bekerja sukarela dengan semangat untuk mengharumkan nama bangsanya, wih, sempurna  deh bangunan ini.  

Eiffel towerEiffelTower – Paris adalah my next wonder. Aku kepengeeeen banget deh suatu hari nanti bisa ke Paris dan menikmati indahnya the city of light dari tower ini. Apalagi sambil mencicipi makanan Prancis yang aneh-aneh itu, mulai fouie gras, escargot….. pengen bisa parlez francais nih…. masa cuma bisa comment allez vouz sama merci doang…. (catatan : salah eja bahasa Prancisnya nggak nanggung, namanya juga gak belajar formal). Terus selain ke Eiffel, ke Louvre juga. Melihat langsung Monalisa yang terkenal itu sambil membayangkan jadi Sophie Neveu di Da Vinci Code hehehe…

Christ RedeemerAku juga suka sama Christ Redeemer, jadi setuju kalau patung ini masuk list 7 wonders-ku. Sangat disayangkan bahwa kehadiran patung ini di Brazil kurang berdampak bagi kehidupan rohani penduduknya. Aku pernah baca kalau kehidupan rohani di Brazil mengalami kemerosotan dalam beberapa tahun terakhir. Tapi, aku tetap pengen ke Brazil loh. Pantainya cakep abiss sih….

St.Peter’s BasilicaSt.Peter’s Basilica adalah pilihan berikutnya. Ya, nggak cuma St.Peter’s aja, seisi Vatican lah! I wish I can visit this mini country someday. Selain karena aku Katolik, aku juga tertarik sama sejarahnya. Bayangin ya, dulu kan Roma ini kota yang menakutkan bagi pengikut Kristus. Banyak orang Kristen awal dibunuh di sana, termasuk St.Petrus yang emang sudah disebut-sebut akan mati untuk memuliakan Tuhan. Eh, akhirnya kota ini malah jadi pusat perkembangan agama Katolik, dengan menyediakan Vatikan secara khusus sebagai tahta kepausan. Yang asyik lagi, dulunya Basilica St.Peter’s dibangun di bukit Vatikan karena diyakini bukit itu adalah tempat St.Petrus dimakamkan, walau tidak diketahui pasti makamnya di titik mana. Eh, ternyata setelah bangunan ini jadi, pekerja bangunan tidak sengaja menemukan makam seseorang tepat di bawah altar basilika. Selidik punya selidik, makam itu benar-benar makam St.Petrus. Tergenapi deh kata Tuhan Yesus bahwa di atas batu karang ini (batu karang= Kefas,nama Petrus) akan kudirikan jemaat-Ku.

Forbidden CityYang keenam…. back to China…. the Forbidden City… ini nih gara-gara sering nonton film silat dan film-film tentang kekaisaran Cina masa lalu kali ya.. Pokoknya aku pengen banget bisa masuk ke kota terlarang ini… berasa putri Cina gitu loh… and FYI Starbucks udah buka di sini loh, walaupun lagi diperdebatkan keberadaannya karena bersikeras menjual produknya sendiri (baca: made in USA) dan bukan produk dalam negerinya Cina…

Ketujuh….nah ini mikir-mikir dulu deh… any candidate??? Pulau Ibiza, Barcelona, kuil Athena??? ->> bisa-bisa jadi 10 wonders or more nih….