Waktu aku kecil, ada serial horor di televisi yang judulnya Friday the 13th. Gara-gara serial itu, aku jadi berpikir kalau hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 itu hari yang menyeramkan. Sementara itu, setahuku dalam budaya Jawa yang mengenal pasaran, hari Jumat yang pasarannya Kliwon itu dianggap magis. Dan tahun 2007 ini, hari Jumat yang tanggalnya 13 dan pasarannya Kliwon adalah hari ini. So, apakah hari ini menjadi hari yang menyeramkan?

<Hariku dimulai pada pk 03.44, pada saat aku tiba-tiba terbangun dengan kaget. Ternyata belum waktunya bangun. Alarm HPku diset untuk berbunyi pk 03.45. Jadi masih kurang 1 menit. Dengan santai aku mengganti setting alarm agar berbunyi pk 04.00, supaya aku bisa tidur 15 menit lagi. Kenyataannya aku memang bangun pk 04.00 untuk mematikan alarm.

Pk 04.46 akhirnya aku menyerah dan bangun. Aku masih harus belajar dan menyiapkan diri untuk berangkat ke kampus pagi-pagi, karena sidang kolokium atau sidang proposal skripsiku dimulai pukul 08.00. Mahasiswa wajib hadir 1 jam sebelumnya. Maka pk 06.07 aku sudah berangkat dari rumah dan tiba di kampus pk 06.38. Kampus benar-benar masih sangat sepi. Toilet saja masih terkunci.

Sambil belajar dan menenangkan diri aku menunggu detik-detik dimulainya sidang. Untunglah aku bangun pagi, sehingga sempat sarapan, minum kopi, dan ada cukup waktu untuk mengumpulkan kesadaranku. Tanpa sadar jam sudah menunjukkan pukul 07.30 tapi tetap tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Ruang sidang akhirnya dibuka, aku segera mempersiapkan presentasiku, itu pun dengan insiden listrik yang korslet dan komputer kampus yang ada passwordnya. Sidangku dimulai sekitar pk 08.15, saat ketiga penguji telah menduduki tempat masing-masing.

Presentasiku cukup lancar, apalagi aku sudah merevisi beberapa bagian yang memang salah. Aku cukup yakin akan mendapat nilai yang baik. Kemudian para penguji minta aku mempertontonkan iklan yang aku teliti. Dengan penuh kepercayaan diri aku memutarnya. Kopi iklan itu baru aku dapat kemarin sore dari temanku.

Namun pada pertanyaan pertama aku sudah cukup terpojok. Berusaha tenang, aku mencoba mempertahankan konsep. Hingga sidang mencapai satu titik di mana penguji sepakat bahwa ada konsepku yang kurang tepat. Mereka menyerahkan pilihan padaku, bertahan dengan konsep awal atau mengikuti konsep mereka yang – harus kuakui – lebih tepat untuk penelitianku. Akhirnya aku memilih opsi kedua.

Tanpa diberitahu pun aku sudah bisa menebak bahwa aku akan lulus dengan nilai B+. Sebenarnya aku sangat mengharapkan nilai A, tapi B+ juga tidak jelek. Aku bersyukur dan keluar ruang sidang dengan hati lega. Tanpa air mata seperti kebanyakan temanku yang menangis begitu hasil sidang diumumkan, tak peduli hasilnya lulus atau tidak.

Bareng Jay Subiakto neh…Kemudian aku sempat mengintip sidang skripsi temanku yang berakhir pk 11.00 dan ikut berfoto bersama temanku ini, para suporternya, dan dosen penguji. Turun ke lantai 1, menyelesaikan tugas-tugasku untuk kepanitiaan Communication Parade. Pada saat aku berada di void, temanku Jeffrey memanggilku dari lantai 2 dan memberitahu bahwa Jay Subiakto, creative advisor iklan yang aku teliti ada di kampus! Dia menjadi pembicara untuk acara Rumahku Indonesiaku Keliling Kampus.

Bareng Fahrani, model Rumahku Indonesiaku. Udah cantiiiiiikkkkk, baik lagi!Jadilah aku duduk manis di ruang audio visual gedung T, bertanya jawab dengan tim produksi dan model iklan tersebut. Setelah acara selesai aku berfoto dengan mereka dan minta mereka menandatangani proposal skripsiku sebagai kenang-kenangan.

Aku senang sekali hari ini karena rasanya segala jalan dibukakan untukku. Thanks buat Ms.Yola, Pak Soetojo, Pak Djoko yang mengujiku dan memberiku banyak masukan. Thanks buat teman-teman dan keluarga yang mendukung dengan doa dan SMS atau telepon ke HPku. Thanks buat teman-teman panitia CommPar. Thanks buat Jeffrey yang memberi informasi tentang acara Rumahku Indonesiaku Keliling Kampus. Thanks buat Moy yang menemaniku dan memotretkan aku bersama Fahrani. Thanks buat Daniel dan Suchristin atas foto-fotonya. Thanks buat Mas Jay, Mas Ipang, Mas Hakim, Ko Yan, Mbak Fahrani, dan Mbak Lili. Dan yang paling utama, Thanks God for making such a beautiful day in my life.Hari ini adalah hari yang tak terlupakan bagiku.

NB : Hari ini angkanya cantik lagi. 130407. Dua angka tanggal jika dijumlahkan menjadi angka bulan. Angka kedua pada tanggal jika dijumlah dengan angka bulan menjadi angka tahun. Iseng dan maksa sih, tapi menurutku seru aja!