Memakai toga hitam, menggenggam ijazah di tangan… itu salah satu mimpi dalam hidupku. Dan sekarang, aku semakin dekat dengan mimpi itu. Semua kelas sudah terlewati, tinggal menunggu penyelesaian SKRIPSI.

Wow… SKRIPSI…..

Semester lalu sebenarnya aku berniat untuk memulai bab 1-3 skripsiku, istilahnya Kolokium. Sayangnya, karena ada mekanisme baru di mana mahasiswa Kolokium harus mengikuti bimbingan dalam kelas, aku akhirnya mundur. Ya, karena semester lalu aku menghabiskan waktu di Bali untuk magang. Sebenarnya bisa kalau mau mempersingkat magang dan cepat-cepat kembali ke Surabaya untuk ikut kolokium tahap kedua. Tapi aku malah keasyikan magang, hehehe…..

Anyway, nggak menyesal kok magang hampir satu semester. Karena aku dapat kesempatan jadi panitia Asia Pacific Media Forum. Ini pertama kalinya loh aku jadi panitia event internasional….

Lagian, akhirnya di penghujung 2006 aku menemukan bahan skripsi yang menarik (jauh lebih menarik daripada tema skripsi yang terpikir sebelumnya). Iklan “Rumahku Indonesiaku : Cahaya Asa”. Iklan ini benar-benar ‘gue banget’! Pertama, mengandung pesan nasionalisme (gini-gini aku lumayan nasionalis, penting ya!). Terus, talent yang dipakai perempuan Indonesia asli, yang menjadi pembawa harapan di tahun baru. Ini konsep yang menarik, karena jarang kan ada iklan di Indonesia yang talent-nya Indonesia asli. Lebih sering kebule-bulean atau kejepang-jepangan. Lagipula, perempuan menjadi sosok pembawa harapan. Menurutku, ada pesan feminisme yang tersirat deh. Kan selama ini stigma masyarakat, perempuan itu lemah, diinjak laki-laki (bahkan dimadu pun rela).

 Dan, kabar baiknya, hari ini diumumkan bahwa judul yang aku kumpulin beserta latar belakang, tujuan, rumusan masalah, dan metode penelitiannya itu disetujui! Berarti aku bisa mulai menggarapnya….. Duh, nggak boleh males nih! Nggak mau telat lulus….. Doakan ya teman-teman….